Naudzubillah! Rajin Sholat Tapi Oleh Malaikat Amalnya Tidak Dicatat Malaikat, Ternyata Ini Alasannya - RadarIslam.com

Naudzubillah! Rajin Sholat Tapi Oleh Malaikat Amalnya Tidak Dicatat Malaikat, Ternyata Ini Alasannya

Rajin sholat tapi amal tak dicatat malaikat, Radarislam.com ~ Beribadah dengan rutin tentu dengan harapam akan mendapatkan amal yang baik. Tapi ternyataa ada ibadah yang sering dilakukan tapi justru tidak memperoleh apa-apa.

Dari niat saja jika niat  yangbaik langsung dicatat amalnya juga. Tapi bisa juga sebaliknya. seperti rajin shalat tapi amalnya tidak dicatat malaikat? Mengapa bisa begitu?

Rasulullah SAW pernah menyampaikan kekhawatiran tentang sesuatu yang di kemudian hari bisa menjangkiti umatnya. Beliau bersabda:

Sesungguhnya ada sesuatu yang aku takutkan di antara sesuatu yang paling aku takutkan menimpa umatku kelak, yaitu syirik kecil"

Para sahabat bertanya, ‘Apakah syirik kecil itu?’ Beliau menjawab, riya. 

Dalam sebuah hadis diceritakan pula bahwa di akhirat kelak akan ada sekelompok orang yang mengeluh, merangkak, dan menangis. 

Mereka berkata, “Ya Allah di dunia kami rajin melakukan shalat, tapi kami dicatat sebagai orang yang tidak mau melakukan shalat”.

Para malaikat menjawab, ‘Tidakkah kalian ingat pada waktu kalian melakukan shalat kalian bukan mengharap ridha Allah, tapi kalian mengharap pujian dari manusia, kalau itu yang kalian cari, maka carilah manusia yang kau harapkan pujiannya itu.”

Jelas sudah bahwa kualitas setiap amal ibadah berbanding lurus dengan kualitas niat yang melatar belakanginya. Jika niat kita lurus, maka lurus pula amal kita. 

Tetapi bila niat kita bengkok, maka amal kita pun akan melenceng. 

Agar niat kita senantiasa lurus dan ikhlas, alangkah baiknya apabila kita menghayati kembali janji-janji yang selalu kita ucapkan saat shalat, 

“Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup, dan matiku hanyalah untuk Allah seru sekalian alam”.

Baca Juga:

Semoga  amal ibadah kita semakin ditingkatkan sehingga kita bisa menabung amal dan pahala sebaga bekal di hari akhir kelak. Amin [Radarislam/ Bn]

Share This !