Golongan Darah O Wajib Tahu! Karena Punya Sifat Khusus 'Istimewa' seperti Ini - RadarIslam.com

Golongan Darah O Wajib Tahu! Karena Punya Sifat Khusus 'Istimewa' seperti Ini


Sifat khusus golongan darah O, Radarislam.com ~  Pembagian golongan darah ini dikelompokkan menjadi empat tipe, yaitu A, B, AB, dan O. Golongan darah seseorang ditentukan berdasarkan tipe antigen pada sel darah merah.

Tak hanya itu, golongan darah juga diklasifikasikan berdasarkan faktor rhesus (Rh). Apabila dalam darah seseorang terdapat faktor Rh, berarti ia dinyatakan memiliki rhesus positif. 

Sebaliknya, bagi yang tidak memiliki faktor Rh pada sel darah merahnya, berarti ia dinyatakan memiliki rhesus negatif.

Keunikan yang Hanya dimiliki Golongan Darah O


Dari empat tipe golongan darah, O adalah tipe golongan darah umum dan mempunyai fakta  menarik untuk diketahui baik dari sisi medis maupun non medis.

Kenunikan Golongan Darah  O dari Sisi Medis


1. Pemilik golongan darah O adalah pendonor universal


Tidak seperti golongan darah A, B, dan AB yang memiliki antigen, golongan darah O adalah satu-satunya tipe golongan darah yang tidak memiliki antigen. Hal ini membuat golongan darah O berisiko lebih kecil untuk menimbulkan reaksi transfusi darah.

Karena itu, seseorang yang memiliki golongan O negatif dapat mendonorkan darahnya ke semua golongan darah. Hal ini membuat golongan darah O dijuluki sebagai pendonor darah universal.

2. Golongan darah O lebih banyak disimpan di bank darah


Hampir semua bank darah dan rumah sakit di seluruh dunia meminta persediaan golongan darah O (terutama golongan darah O rhesus negatif) disimpan lebih banyak.

Ini karena golongan darah O dianggap berisiko lebih rendah untuk menimbulkan reaksi transfusi, sehingga bisa digunakan sewaktu-waktu oleh pasien yang membutuhkan transfusi darah darurat.

Meski demikian, bukan berarti pemilik golongan darah lain perlu berkecil hati. Setiap tetesan darah yang disumbangkan, terlepas dari golongan darahnya, memiliki peran yang begitu besar dalam menolong nyawa seseorang.

3. Efektivitas diet khusus golongan darah O


Diet golongan darah merupakan aturan pola makan yang disesuaikan dengan golongan darah seseorang. Metode diet ini menyarankan pemiliki golongan darah O untuk mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat, misalnya daging tanpa lemak, ikan, sayuran, buah-buahan, dan minyak zaitun.

Meski cukup banyak diikuti oleh sebagian orang, faktanya hingga saat ini efektivitas diet golongan darah O belum terbukti lebih baik dibandingkan jenis diet lainnya. Oleh karena itu, apa pun jenis golongan darah yang Anda miliki, Anda tetap disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

4. Pilihan olahraga untuk pemilik golongan darah O


Selain menu diet, ada jenis olahraga yang disarankan untuk pemilik golongan darah O. Golongan darah ini lebih cocok untuk melakukan olahraga dengan intensitas gerakan tinggi, seperti joging, berenang, bersepeda, zumba, atau lompat tali.

Namun, tidak hanya untuk pemilik golongan darah O, orang dari golongan darah lain pun akan mendapatkan manfaat olahraga yang baik untuk kesehatan. Kuncinya adalah olahraga tersebut perlu dilakukan secara rutin dan teratur.

Kenunikan Golongan Darah  O dari Sisi Non Medis


Ternyata, konsep karakter dari golongan darah ini pertama kali dipopulerkan oleh profesor Jepang bernama Tokeji Furukawa pada tahun 1930an.

Meski belum ada bukti ilmiah yang mendukung, namun banyak orang yang percaya bahwa tiap golongan darah punya karakternya masing-masing. Jadi, sebaiknya simak sampai tuntas ya!. Ketahui karakter golongan darah O melalui penjelasannya berikut ini.

Nah dari sisi Non Medis, golongan darah masing-masing orang juga mempunyai nilai keunikanya sendiri, misalnya grup darah B yang to the point (bicara apa yang ada tidak ada bertele-tele), A yang emosian, dan AB yang adem ayem. Tetapi dari semuanya tipe grup darah, yang mempunyai golongan darah O yakni yang paling sedikit. (Lanjut halaman berikutnya)


Karakter Golongan Darah O Secara Umum


Mereka adalah orang-orang yang berani, rajin, dan supel. Punya standar yang tinggi untuk diri mereka sendiri dan melakukan semua yang mereka bisa untuk mencapai tujuannya. Hal ini membuat pemilik golongan darah O memiliki kualitas kepemimpinan yang baik.

Mereka juga tidak terganggu dengan hal-hal kecil. Di samping itu, pemilik golongan darah O juga dikenal murah hati, baik hati, dan cinta damai.

Golongan darah O mampu beradaptasi dengan baik terhadap perubahan. Mereka juga orang yang ulet dan tekun bekerja daripada golongan darah lainnya dalam situasi yang sulit.

Pada dasarnya, karakter golongan darah O adalah orang-orang yang memiliki daya juang yang kuat dan tekad yang bulat dalam mencapai tujuan mereka.

Pemilik tipe O juga dapat diandalkan, mandiri, dan punya semangat yang tinggi. Mereka juga termasuk ke dalam orang-orang yang jujur dan membenci orang yang menyembunyikan kebenaran.

Namun, di sisi lain, pemilik golongan darah O juga memiliki karakter yang negatif. Mereka terkadang tidak sensitif terhadap hal-hal di sekitarnya, kerap bersikap dingin, egois, tidak dapat diprediksi, dan sombong.
 

Karakter Golongan Darah O dalam Percintaan


Baik pria dan wanita dengan golongan darah O memiliki karakter yang berbeda dalam hal percintaan.

Wanita tipe O dikenal sangat perhatian dan sabar, yang biasanya memperlakukan masalah orang lain seolah-olah masalah mereka sendiri. Hal ini terkadang menyebabkan mereka terluka dan merasa kesepian.

Wanita dengan karakter golongan darah O tampak terlihat kuat di luar, tapi sebenarnya secara emosional lemah dan rapuh.

Terkadang, mereka juga sulit untuk mengelola stres yang dialami, karena terlalu sibuk untuk mengurus kepentingan orang lain.

Wanita dengan tipe O juga lebih suka menghabiskan waktu dalam kelompok kecil daripada kelompok besar.

Di dalam hal percintaan, bagi wanita dengan golongan darah O, kepentingan pasangan adalah hal yang diutamakan. Hal ini membuat mereka kerap kali rela berkorban, namun sayangnya sering tidak memikirkan diri sendiri.

Sementara itu, pria dengan karakter golongan darah O adalah mereka yang ramah, optimis, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang alami.

Meskipun terlihat dari luar sangat percaya diri dan cenderung arogan, namun pria tipe O bisa menjadi sosok yang sangat sensitif dan emosional.

Kekurangannya lagi, pria dengan tipe O sering kali tidak mengungkapkan perasaan mereka sesungguhnya karena takut ditolak.

Hal ini membuat pria dengan tipe O sering tidak mampu menunjukkan perasaan atau emosi kepada pasangan.

Itulah karakter golongan darah O dalam hal percintaan. Golongan darah O ini akan sepadan apabila memiliki pasangan dengan golongan darah A.

Ketika pemilik golongan darah A sangat setia dan rela berkorban pada pasangannya, maka sangat tepat berpasangan dengan golongan darah O.

Kepercayaan orang Jepang juga mengungkapkan kalau orang dengan golongan darah O adalah orang yang murah hati, bersemangat, mudah bergaul, dan sukses secara finansial.

Selain itu, pasangan paling romantis juga ditemukan antara orang bergolongan darah O dan tipe A.

Karakter Golongan Darah O dalam Pekerjaan


Pemilik golongan darah O termasuk ke dalam kelompok orang yang dapat dipercaya dalam pekerjaan mereka.

Karakter golongan darah O dalam pekerjaan adalah seseorang yang bertanggung jawab, sadar aturan, berkemauan keras, dan terorganisir dengan baik.

Mereka juga tipe orang yang tidak hanya mengumbar ide dan konsep saja, namun dengan baik akan menjalankannya. Bisa dikatakan, orang dengan tipe O adalah pekerja yang memiliki produktivitas tinggi setiap harinya.

Pemilik golongan darah O mampu menjadi pemimpin yang hebat dan memiliki tekad yang tinggi.
 
Mereka mempunyai tujuan dari setiap pekerjaan yang dilakukan, jadi semua tidak akan berjalan dengan sia-sia. Prinsip yang kuat inilah yang membuat pemilik dengan tipe O mampu sukses di dalam karier pekerjaannya.

Orang dengan tipe O juga mudah disukai oleh orang lain, namun sayangnya mereka agak penyendiri dan membutuhkan banyak waktu untuk menyendiri.

Biasanya, orang dengan tipe O juga kuat secara fisik dan dapat menemukan kesuksesan dalam olahraga.

Di sisi lain, karakter golongan darah O dalam pekerjaan bisa terlalu berpusat pada diri sendiri, bersikap dingin dan tidak terduga, serta berpotensi untuk jadi workaholic.

Hal ini karena mereka selalu punya tujuan yang jelas untuk jenjang karier, yang terkadang membuat ketidakseimbangan dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Jika Anda memiliki golongan darah O dan terlalu gila kerja, sebaiknya mulai atur waktu agar semua bisa berjalan dengan seimbang.

Sebab, tingkat stres yang tinggi dalam pekerjaan hanya akan berdampak negatif untuk kehidupan sehari-hari, bukan?

Kesimpulan

Ringkasnya, karakter pemilik golongan darah O itu ada sebagai berikut :

1. Sangat menghormati yang namanya hubungan/relationship, oleh karena itu, mereka tentu sangat menghormati yang namanya persahabatan dan mereka ikhlas berkorban karenanya.

2. Tidak umum untuk memulai satu hubungan yang akrab dengan orang lain.

3. Apabila sudah memutuskan untuk kerjakan satu hal, pasti akan dilakukan sampai akhir.

4. Ikhlas melepas orang yang disukai dan hanya melihat kepergiannya dengan bersedih hati tetapi sampai kapanpun tidak akan pernah diungkapkan.

5. Waktu ada satu hal yg tak dia gemari, dia akan menutupinya dan berlagak kuat dan mandiri.

6. Terlihat kuat dari luar dan sering mengeluarkan pengucapan yang tajam, tetapi sebenarnya dia sangat mudah tersakiti hatinya.

7. Sangat tulus dan ikhlas, dia akan mengingatmu seumur hidupnya apabila anda sangat berkesan baginya.

8. Sangat mudah terharu.

9. Sangat sensitif dan sembarangan tetapi tidak perhitungan. Dia sukai membantu orang lain, tetapi seringkali dia berlagak tak memahami apa-apa.

10. Menjunjung tinggi yang namanya keadilan, dia kan berusaha meluruskan semuanya persoalan yang menurutnya tidak sepantasnya ada. Dia juga tidak sukai pada yang namanya kebohongan dan penipuan.

11. Tidak akan pernah berikan kepercayaan pada orang yang tidak bisa diandalkan ataupun pemalas, karena si O ini orang yang mempunyai prinsip.

12. Berambisius, walau sudah salah, dia tidak akan pernah menyerah.

13. Walau sering kuatir akan kegagalan, tetapi dia selalu berusaha tampak kuat dari luar penampilannya.

14. Tidak lagi pernah menyimpan dendam dan cepat sekali lupa dengan kesalahan orang lain.

15. Akan mengingat masing-masing kebaikan orang lain.

Nah, itulah beberapa karakter golongan darah O yang bisa dipahami dengan baik. Adakah karakter yang Anda miliki? (*)


Sumber : Alodokter.com, origami.com

Share This !