Belum Juga Sebut Nama dan Bertanya, Mamah Dedeh Sudah 'Semprot' Jamaahnya Saat Ceramah Sampai Dituding Sombong, Ternyata Karena Alasan Ini - Radar Islam
loading...

Belum Juga Sebut Nama dan Bertanya, Mamah Dedeh Sudah 'Semprot' Jamaahnya Saat Ceramah Sampai Dituding Sombong, Ternyata Karena Alasan Ini

Mamah Dedeh semprot jamaah saat ceramah, Radarislam.com ~ Sebuah penggalan video ceramah Ustadzah Dedeh Rosidah atau yang dikenal dengan Mamah Dedeh mendadak viral karena menegur keras jamaahnya.



Dalam video tersebut, seorang jamaah ingin bertanya pada Mamah Dedeh namun belum sampai pada pertanyaan dia sudah ditegur habis-habisan. Hal itu karena saat memperkenalkan diri, jamaah itu menggunakan embel-embel ‘haji’.

Sontak Mamah Dedeh langsung mengatakan jika seseorang yang memakai embel-embel haji sebagai penanda dirinya sudah berhaji, mereka sombong.

“Bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Curhat dong Mah. Nama saya Haji …,” kata jamaah itu yang langsung ditegur Mamah Dedeh.

“Ei ei, dengerin ya, jangan sombong udah haji. Siapa yang pengin haji, ngacung!” katanya.

Mamah Dedeh pun menjelaskan alasannya mengatakan orang yang memakai gelar haji itu sombong.

“Tidak ada dalam Islam, pulang haji dipanggil ibu haji, sombong. Apa kalau kita pulang salat dipanggil ibu salat? Apa kalau kita habis zakat dipanggil ibu zakat? Apa kita kalau habis puasa dipanggil ibu puasa?” jelasnya tegas.

Pun ia mencontohkan kehidupan Nabi Muhammad yang tidak pernah menggunakan kata ‘Haji’ untuk embel-embel namanya.

“Nabi Muhammad, rasul kita nggak pernah dipanggil Haji Muhammad. Itu kesombongan. Biasa aja kali,” kata ustazah asal Ciamis itu.

Diketahui video tersebut diambil saat Mamah Dedeh memberikan ceramah di halaman masjid As Salam Desa Cidenok, Kecamatan Sumberjaya, Majalengka, Senin (25/9/2017).

Video itu pun viral dan diunggah beberapa akun baik di YouTube maupun Twitter.

Melihat video Mamah Dedeh tersebut, beberapa netizen yang mengomentari kolom komentar akun YouTube I’N VISION mengkritik cara Mamah Dedeh menegur jamaahnya.

Insan Gemilang: MAMAH DEDEH JNGAN KERAS2 DONG, DAN NYAKITI HATI DI DEPAN UMUM…KASIAAAN TERSINGGUNG SI IBU TUH.

Susi Nuraja: Cara menegurnya tidak mencerminkan ahli agama…

Siti Nurbaiti: Yg ngomong diriny hj termasuk sombong. Itu wajar sbb dia belum berilmu. Yg negur lebih sombong lg pdhl sdh berilmu. Bukan begitu carany.

Naomy Aisyah Aqilla: Hadech…cara menasehatinya seperti anak tk diteriakin..yg halus ga bisa to…

Bunda Yoesef cianjur: Nasehatin dgn lembut mah…tidak harus mmpermalukan…mamah memang benar…tapi tradisi di kita memang begitu.

Netizen lain mengungkapkan hal berbeda, jika memang masyarakat Indonesia sudah menjadi kebiasaan menggunakan embel-embel haji bagi yang sudah menjalakan ibadah haji.

Bahkan pengalaman netizen yang berkomentar dikicauan akun Twitter @juriglagu, jika pernah kena marah karena tidak lupa menuliskan gelar haji.

@heydanang: Kemaren i di komplen sama bos karena nulis nama orang gk pake haji. Kayaknya bos i mesti nonton ini dah hhhhh..

@anggi_yudis: Banyak nih sekitar rumah gw, pas manggil gak make haji, gak mau nengok, ellah.

Berikut videonya:
Bagaimana menurut Anda? (*)

Sumber: Tribunnews

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...