Abaikan Ancaman AS, PBB Tolak Klaim Yerusalem Ibu Kota Israel - Radar Islam
loading...

Abaikan Ancaman AS, PBB Tolak Klaim Yerusalem Ibu Kota Israel

PBB tolak klaim Yerussalem ibu kota Israel, Radarislam.com ~ Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menolak pengakuan Presiden Amerika Serikat terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Sebanyak 128 negara menolak keputusan Trump, 9 mendukung, dan 35 lainnya abstain.

Dikutip dari laman The Guardian, Jumat 22 Desember 2017, dua puluh dua dari dua puluh delapan negara anggota Uni Eropa menolak pengakuan AS atas Yerusalem, termasuk Inggris Raya dan Prancis. Jerman yang semula abstain akhirnya menyatakan menolak.

Banyak juga negara penerima dana bantuan AS yang menolak pengakuan ini. Mereka mengabaikan ancaman pemotongan dana bantuan bila menentang pengakuan AS. Negara-negara penerima bantuan yang " membangkang" itu antara lain Mesir, Irak, dan Afghanistan.

Negara-negara yang menolak keputusan Trump ini mendukung resolusi lama yang menyatakan penyelesaian Yerusalem harus dilakukan dalam koridor untuk menciptakan perdamaian.

Meskipun hasil voting ini tidak mengikat dan hanya simbolik saja, setidaknya menunjukkan bahwa klaim Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel telah meresahkan politik internasional.

Sementara, sembilan negara yang menolak resolusi dan mendukung pengakuan Trump atas Yerusalem, selain AS dan Israel, adalah Togo, Micronesia, Nauru, Palau, Marshall Islands, Guatemala, dan Honduras.

Sementara, negara-negara yang menyatakan abstain termasuk lima anggota Uni Eropa dan negara-negara aliansi AS, termasuk Australia, Canada, Colombia, dan Mexico. Banyak duta negara-negara yang abstain ini mengkritisi langkah Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (*)

Sumber: Dream

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...