Tunda Naik Haji, Wanita Lansia India Ini Sumbang Uang Bantu Covid-19 - Radar Islam

Tunda Naik Haji, Wanita Lansia India Ini Sumbang Uang Bantu Covid-19

RadarIslam,- Kasus penyebaran Virus Corona di seluruh belahan dunia kini semakin meningkat. Dilaporkan, Senin (6/4/2020) sudah tercatat 1.276.302 kasus Covid-19 di seluruh dunia yang terjadi. Sedangkan, korban meninggal dunia  sudah mencapai 69.527 orang.
Kabar baiknya, seiring dengan peningkatan kasus, jumlah pasien yang telah sembuh kini mencapai 264.048 orang. Laporan tersebut berdasarkan data John Hopkins University yang menyebutkan pula virus corona ini sudah menyebar ke 199 negara di seluruh dunia.

Saat pandemi Covid-19 sudah menelan banyak korban, jiwa kemanusiaan juga sedang diuji. Hampir seluruh orang di belahan dunia terkena dampak pandemi virus Covid-19 tersebut, terutama dari sektor perekonomian.

Banyak orang yang harus berpikir bagaimana cara bertahan hidup menafkahi keluarganya, sebab kehilangan mata pencarian mereka.

Namun selain itu, banyak juga orang yang ikhlas menyisihkan harta benda mereka untuk membantu yang membutuhkan di tengah pandemi Corona.

Salah satunya orang baik tersebut adalah seorang wanita Muslim dari Kashmir dan Jammu, India. Wanita lansia tersebut telah mendonasikan tabungan milikinya sebesar Rs 5 lakh atau sekitar Rp108 juta di tengah krisis corona yang sedang melanda.

Padahal sesungguhnya uang tersebut rencananya diperlukan untuk menunaikan ibadah haji. Tapi, beliau memilih menyumbangkannya untuk ‘Sewa Bharati’ yang berafiliasi dengan RSS.

Hal tersebut dilakukannya setelah ia terharu dengan upaya yang dilakukan oleh lembaga saat pandemi virus corona.

Dikutip dari India Today, awalnya Khalida Begum, 87,  terrpaksa menunda rencananya untuk menunaikan pergi haji karena kebijakan lockdown.

Namun setelah itu Khalida Begum dibuat terkesan dengan pekerjaan yang dilakukan  Sewa Bharati di Jammu dan Kashmir kepada sesama saat masa sulit karena wabah Covid-19.

"Beliau lalu memutuskan untuk menyumbangkan Rs 5 lakh ke organisasi,” kata Kepala Sayap Media RSS Indraprastha Vishwa Samvad Kendra, Arun Anand.

Lanjut Arun, Khalida menginginkan uang tersebut digunakan organisasi layanan masyarakat, Sewa Bharati untuk para fakir miskin dan yang memerlukan bantuan di kawasan Jammu dan Kashmir. Tabungannya untuk naik haji ditangguhkan dan diarahkan untuk menyumbang dalam kondisi yang memprihatinkan saat ini.

“Khalida Begum ji adalah salah satu wanita pertama yang berasal dari Jammu dan Kashmir yang memperoleh pendidikan Bahasa Inggris di sebuah biara. Beliau merupakan menantu Kolonel Peer Mohd Khan, yang tak lain adalah presiden Jana Sangh,” paparnya.

Arun Anand mengungkapkan walau usia Khalida sudah tak lagi muda, beliau sangat aktif dalam upaya kesejahteraan bagi para orang-orang tertindas di Jammu dan Kashmir terutama kaum wanita 

"Putranya, Farooq Khan, merupakan seorang pensiunan perwira IPS, sekarang Farouq aktif sebagai penasihat Gubernur Letnan Jammu dan Kashmir," ujarnya.

Baca Juga:
Sejak lockdown resmi diumumkan, para relawan Sewa Bharati bersiap menyediakan barang-barang penting termasuk makanan yang dibutuhkan banyak orang. Relawan afiliasi Sangh sejak beberapa hari diumumkan lock down langsung membagikan makanan kepada orang yang memerlukan di terminal bus Anand Vihar di Delhi. (RadarIslam/ Tn)

Loading...

Share This !