Sushant Singh Rajput, Artis Muda India Ini Akhiri Hidupnya di Tengah Pandemi Covid-19 - Radar Islam

Sushant Singh Rajput, Artis Muda India Ini Akhiri Hidupnya di Tengah Pandemi Covid-19

RadarIslam.com ~ Industri perfilman India tengah berduka dengan kepergian artis pria tampan, Sushant Singh Rajput. Aktor muda kenamaan Bollywood ini meninggal dunia pada usia 34 tahun.

Diduga kuat ia mengakhiri hidupnya sendiri dengan cara gantung diri di kediamannya di kawasan  Bandra, Mumbai, Minggu (14/6/2020), waktu setempat. Sontak kepergian pemeran Yousuf Sarfaraz dalam film PK ini, mengundang duka cita bagi kerabat, teman dan penggemarnya. Apalagi, belum lama ini sang mantan manajer Rajput, Disha Salian, juga meninggal dunia karena sengaja mengakhiri hidupnya pula.

Dilaporkan, Disha Salian mengakhiri hidupnya dengan melompat dari lantai 14 sebuah bangunan di Malad, Mumbai. Namun banyak yang tak menyangka Rajput juga nekat mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis lima hari setelah kepergian Disha.

Tim Kepolisian Mumbai yang menyelidiki kasus tersebut, mengungkapkan Rajput mengahiri hidupnya karena depresi selama beberapa bulan terakhir. Pemain utama serial Acchana Mencari Cinta ini tinggal di sebuah apartemen yang ia sewa dengan harga Rs 4,55 lakh atau sekitar Rp 92 juta setiap bulannya.

Aktor muda kelahiran lahir pada 21 Januari 1986 di Patna, Bihar, ini memulai kariernya lewat acara televisi dan menapaki kepopulerannya usai membintangi serial Pavitra Rishta. Bahkan ia sempat berpacaran dengan lawan mainnya di sinetron Pavitra Rishta, Ankita Lokhande selama enam tahun dan berpisah di tahun 2016.

Debutnya di industi perfilman Bollywood dimulai pada tahun 2013 dengan film Kai Po Che! Menyusul deretan film lainnya seperti PK, MS Dhoni: The Untold Story, Kedarnath, Sonchiriya, Chhichhore, dan masih banyak lagi.

Selain Sushant Singh Rajput, Deretan Artis Bollywood ini Nekat Akhiri Hidupnya di Tengah Pandemi Corona

India adalah salah satu negara yang masih menerapkan lockdown ketika pandemi Virus Corona menyerang.  Akibatnya, perekonomian dunia juga ikut terpengaruh termasuk negara industry film Bollywood ini.

Mirisnya, di tengah pandemik ini, banyak artis Bollywood yang nekat mengakhiri hidupnya karena faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi kejiwaannya. Siapa saja mereka?

1. Sushant Singh Rajput
Aktor ganteng ini ditemukan meninggal dengan sengaja mengakhiri hidupnya dengan seutas tali yang tergantung di apartemennya. Diungkapkan polisi Mumbai, Sushant telah menghembuskan nafas terakhirnya sebelum dibawa ke rumah sakit.

Ia diduga menderita depresi selama enam bulan terakhir di saat namanya tengah naik daun di industri perfilman Bollywood.

2. Manmeet Grewal
Aktor India Manmeet Grewal juga dilaporkan meninggal dunia dengan cara yang terbilang tragis. Ia ditemukan sudah tak bernyawa dan tergantung di kamarnya. Manmeet Grewal sengaja mengakhiri hidupnya di usia 32 tahun pada 15 Mei 2020 karena depresi dan terlilit utang.

Dikutip dari indianexpress.com, menurut teman-keluarga produsen Manjit Singh Rajput, Manmeet Grewal sedang menghadapi 'krisis keuangan'. Padahal sebelumnya ia tengah mengerjakan proyek-proyek seperti beberapa ikla dan webseries. Namun terpaksa ditunda karena lockdown nasional di tengah pandemi Virus Corona di India.

3. Sejal Sharma
Sejal Sharma, yang dikenal dalam acara TV Dil Toh Happy Hai Ji juga dikabarkan mengakhiri hidupnya. Ia ditemukan tak bernyawa dan tergantung di kediamannya di Mumbai, 24 Januari 2020 lalu.

Rumor beredar, ia nekat mengakhiri hidupnya karena depresi usai kontrak kerjanya diputus, tapi kabar ini dibantah oleh pihak kelarga. Kabar lain menyebutkan Sejal mengalami stress karena kesehatan ayahnya yang memburuk.

4. Preksha Mehta
Artis Bollywood Preksha Mehta juga ditemukan telah meninggal dengan menggantung diri di kediamannya Indore, Madhya Pardesh, Senin (25/5/2020). Dikuti dari Times Of India, sebelum tiada, gadis berusia 25 tahun ini meninggalkan catatan yang memilukan.

"Mere toote huye sapno ne mere confidence ka dam tod diya hai, main mare huye sapnon ke saath nahi jee sakti. Iss negativity ke saath rehna mushkil hai. Pichle ek saal se maine bohot koshish ki. Ab mein thak gayi hoon." (Mimpi saya telah menghancurkan kepercayaan diri saya, saya tidak bisa hidup dengan mimpi saya. Sulit untuk hidup dengan hal buruk ini. Saya telah berusaha keras selama setahun terakhir. Saya lelah sekarang)

”Sabse bura hota hai sapno ka mar jaana” (Yang terburuk adalah mimpi kematian), tulisnya.

Hukum Sengaja Akhiri Hidup dalam Islam

Ulama menilai bahwa dengaja mengakhiri hidup dengan sengaja adalah dosa besar. Karena perbuatan ini merupakan bentuk dari ketidaksabaran saat menghadapi ujian, merasa putus asa danmendahului kehendak syar’iyyah Allah SWT.

Ayat Al-Quran dan Hadist yang Melarang Bunuh Diri

Allah berfirman :
Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu (QS. An-Nisa’ 4:29). 

Imam Abu’ Ja’far ath-Thabari Rahimahullah berkata “Janganlah sebagian kamu membunuh sebagian lainnya, padahal kalian memang pemeluk satu agama satu dakwah dan satu keyakinan. Allah SWT menjadikan seluruh umat Islam, sebagian mereka dan sebagai bagia dari sebagian yang lain. Allah SWT menyamakan kedudukan orang yang membunuh sesama umat Islam sama dengan orang yang membunuh dirinya sendiri sebab orang yang membunuh dan dibunuh adalah satu tangan menyelesaikan selisih agama mereka berdua” (Tafsir ath-Thabari 8:229)

Cara Agar Terhindar dari Bunuh Diri

Bunuh diri bukanlah hal yang disarankan oleh Allah dan bukan pula jalan keluar dari semua masalah yang dihadapi. Allah jelas melarang jelas perbuatan ini dan memasukkannya ke Neraka Jahannam. Sebagai muslim, kita hars menghindari dari tindakan mengakhiri hidup dengan sengaja. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini:

1. Berserah diri kepada Allah
Orang yang berserah diri kepada Allah, niscaya berkeyakinan, masalah yang dihadapi pasti akan selesai sebab Allah SWT akan menolong hamba-Nya yang mengalami masalah dan kesulitan. Yakinlah Allah tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan umat-Nya.

2. Dunia bukan tujuan hidup
Tak ada sesuatuyang sempurna dalam hidup ini, seperti masalahyang selalu menimpa manusia. Untuk itulah, janganlah jadikan dunia sebagai tujuan yang utama. Sebab dunia merupakan tempat bernaung sementara untuk mencari bekal di akhirat nanti.

3. Melihat orang yang kesusahan
Jika sedang mengalami kesulitan, tengoklah mereka yang lebih kesulitan. Dengan melihat kondisitersebut, maka kita harusbersyukur dan merasa lebih beruntung.

4. Selalu bersyukur atas nikmat Allah
Bersyukur adalah hal yang wajib dilakukan ketika menghadapi kesulitan atau masalah. Jika kita selalu bersykur maka Allah akan meringankan bebannya dan menambah kenikmatan dalam hidupnya.

Baca Juga:


5. Berkumpul bersama orang-orang Shaleh

Orang-orang shaleh akan selalu hidup dengan tata cara dalam aturan-aturan dan nilai-nilai Islam. Mereka akan memotivasi kita untuk berbuat kebaikan,menjauhi maksiat, dan mensyukuri segala nikma. Merekaakan menghindarkan dan memperingatkan kita dari perilaku menyesatkan termasuk bunuh diri. [RadarIslam/ Bs]

Loading...

Share This !

Terimakasih!
Anda Telah Membaca Artikel Terbaru
Posting Lama