Derita Kasir Minimarket ini, Hari Pertama Kerja sudah nombok 300 ribu, besoknya 200 Ribu. - Radar Islam

Derita Kasir Minimarket ini, Hari Pertama Kerja sudah nombok 300 ribu, besoknya 200 Ribu.

Kasir stress baru kerja 2 hari nombok

Sudah menjadi peraturan umum, setiap ada selisih laporan keuangan, kasir harus bertanggung jawab. Mereka harus rela dipotong gajinya untuk menganti diakhir bulan. Dan ini yang terjadi pada kasir minimarket ini.

Radarislam.com ~ Pekerjaan bisa jadi sumber kebahagiaan seseorang karena gaji yang didapat, ada yang menjadikannya sebagai ‘hobi’, tetapi ada pula pekerjaan yang malah menjadi sumber stres. Seperti yang tersajikan dalam video viral kasir di salah satu minimarket ternama di Indonesia.

Memang betul, setiap pekerjaan pasti memiliki resiko, baik kecil maupun besar. Risiko termasuk bekerja sebagai kasir yang bisa dikatakan cukup tinggi, apalagi jika menyangkut keuangan.

Penyebab yang membuat Kasir Minimarket Stress


Resiko seperti ini juga kerap dialami seorang kasir, yaitu minus laporan uang. Yaitu terjadinya selisih jumlah produk yang terjual dengan jumlah uang yang didapatkan.

Hal ini seperti yang dialami oleh kasir salah satu minimarket di Indonesia. Kasir ini menceritakan kisahnya ketika dirinya harus mengganti minus uang. Ia pun merasa stres karena saat akhir bulan, tentu kondisi keuangannya sedang tidak baik-baik saja.


Beberapa pegawai tampak stres, terduduk sambil memegang kepala, hingga bersimpuh gara-gara memikirkan nasib mereka.

Minus Laporan Keuangan 


Sebuah video mengenai kondisi kasir minimarket yang mengalami stres lantaran pemasukan tokonya selisih banyak menjadi perhatian publik.

Dalam narasi video TikTok unggahan akun @sherin979, menyebut bahwa keuangan minimarket sedang tidak stabil. Terdapat minus uang dalam jumlah yang cukup banyak, yakni Rp 300 ribu di hari pertama dan lanjut hari kedua sebesar Rp 200 ribu.

Sayang setelah viral, video tersebut dihapus oleh pemiliknya. Beruntung beberapa akun gosip sempat mengunggah ulang di akun mereka.


Seperti dikutip dari kaun @insta_julid tampak sejumlah kasir di sebuah swalayan terduduk lesu. Salah satunya terlihat bersandar pada kaca swalayan sambil berpangku tangan melihat rekan-rekan lainnya yang duduk di depannya.

Dalam keterangan yang dibagikan pada video tersebut, para kasir Minimarket itu lesu lantaran pendapatan di tokonya bukannya untung melainkan minus.

Jumlah minusnya pun tak tanggung-tanggung mencapai Rp500 ribu dalam dua hari.


“Gimana gak stress coba, hari pertama minus kasiran 300.000 ribuan, hari ke 2 minus 200.000, bulan tua juga, dan belum tau penyebabnya karna apa?”, tulis keterangan @sherin979.

Ya, akibat minus uang, mau tak mau mereka harus ganti rugi. Apa yang dialami karyawan minimarket ini membuat warganet merasa iba

“Sabar ya lebih hati-hati lagi ngasirnya, aku juga gitu ko,” komentar seorang warganet.

Mungkin ini Penyebabnya


Di sisi sama, warganet lain turut membagikan pengalaman serupa, hingga menjelaskan beberapa kemungkinan penyebab kasir minus uang dengan detail.

“Pengalaman gw ini penyebabnya, 1. lu salah ngasih kembalian, 2. senior lu ambil barang truss ken tapi gak bayar, 3. pemegang shif ngasih modal tp lu ga teliti,” jelas warganet, dilansir dream.co.id.

“Aku pernah gini, aku selidikin ternyata kepala toko aku edit settelmen entrans, pantes aja berangkas dia trus yg pegang, akhirnya dapat bukti,” curhat warganet.

“Kalau bisa jangan kerja di retail ya kawan-kawan sumpah aku mati-matian gaji dipotong mulu, aku pernah ganti sampai 1,5 juta sendiri,” curhat warganet lainnya.

Unggahan itu kemudian ditanggapi beragam netizen. Beberapa memberikan simpatinya atas kondisi yang dialami para kasir swalayan tersebut.

"Harusnya ada CCTV biar tahu dan yang jaga CCTV nya harus ada juga kalau ada yang nyuri ketahuan...Kasian yang kerja capek-capek tapi nggak ada gajinya. Dan tolong deh bagi orang-orang yang nilep atau nyuri janganlah, kasian anak-anak yang kerja sudah capek ngga dapat gajinya," tulis mar*****

"Berat ya jadi kasir," kata mam****

"Gw juga pernah kerja di kantor pos baru sehari di loket selisih Rp114 ribu udah capek ngitung semua transaksi tapi tetep aja selisih mau gak mau harus ganti. Gatau salah dimana atau silap dimana tapi mau gimana lagi itu konsekuensinya," kata afr*****

"Sudah pernah merasakan juga dan ternyata tim sendiri yang ga beres," tulis ad*****

"tiap 2 jam sekali coba deh hitung sistem dan cash, Klo sesuai langsung karetin terus tulisin total uang sama jam berapa hitungannya simpen. Nanti gitu terus sampe tutup jangan cuma pas ganti shift doang," kata pus****

Loading...

Share This !