Tahniah! Indonesia Melaju ke Babak Final Piala AFF 2020 setelah Taklukkan Singapura 4-2 - RadarIslam.com

Tahniah! Indonesia Melaju ke Babak Final Piala AFF 2020 setelah Taklukkan Singapura 4-2



Indonesia berhasil melaju ke babak final Piala AFF 2020. Indonesia melawan Singapura pada leg kedua, Sabtu (25/12/2021) malam WIB di National Stadium, Singapura. Indonesia berhasil menaklukkan Singapura dengan skor 4-2. Kemenangan ini menjadikan Indonesia unggul dengan agregat 5-3.

Pada pertandingan semi final ini, Singapura harus berlaga dengan delapan pemain usai Safuwan Baharudin (45+2'), Irfan Fandi (67'), dan Hassan Sunny (120+1) diganjar kartu merah oleh wasit . Meskipun jumlah pemain Singapura kalah dari Indonesia tak membuat Singapura gentar.

Ezra Walian (11') berhasil mencetak gol untuk Indonesia. Namun Singapura membalasnya lewat Song-Ui-Young (45+4') dan Shahdan Sulaiman (74'). 

Setelah melalui pertandingan sengit, Indonesia akhirnya bisa membuat gol lagi lewat Pratama Arhan (87') , gol bunuh diri Shawal Anuar (92'), dan Egy Maulana Vikri (107').

Pertandingan ini memang sungguh mendebarkan dan menegangkan para pendukung Indonesia. Sebab, Indonesia sempat ketinggalan hingga menit-menit akhir sebelum akhirnya Pratama Arhan menyamakan kedudukan.

Selain itu, pada menit-menit akhir babak kedua Singapura jusru mendapatkan tendangan penalti setelah Pratama Arhan melakukan pelanggaran. Sungguh beruntung, Nadeo bisa menyelamatkan gawangnya dan membuat pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu.

"The Lion" Singapura bermain menunggu di awal-awal babak pertama. Pertahanannya rapat dimainkan sehingga menyulitkan "Garuda" Indonesia untuk menembus pertahanan mereka.

Tetapi kesalahan di lini belakang Singapura membuat Indonesia mendapatkan peluang. Tendangan Kambuaya dari dalam kotak penalti masih dapat diblok oleh Hariss Harun.

Dewangga juga memiliki peluang untuk mencetak gol di menit kedelapan. Sayangnya tendangan spekulasinya dari luar kotak penalti masih melebar.

Tekanan yang terus dilancarkan Indonesia pada akhirnya dapat membuahkan hasil di menit ke-11. Gigihnya Witan Sulaeman dalam berduel berhasil melewati hadangan pemain Singapura. 

Lalu bola diarahkan ke Ezra yang berada di dalam kotak penalti. Dan dengan tenang, pemain Persib itu mampu menendang bola ke dalam gawang yang kosong.

Setelah berhasil mencetak gol pertamanya,  Indonesia tak menurunkan tekanannya. Ricky Kambuaya yang bebas di dalam kotak penalti hampir saja bisa menambah angka. Namun, bola masih melambung jauh di atas gawang.

Dewangga kembali memiliki peluang untuk mencetak gol di menit ke-31. Tapi malangnya, tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti masih dapat ditangkap kiper Singapura.

Pada menit ke-38 Ramai Rumakiek juga memiliki peluang. Tendangan bebasnya berhasil melewati pagar betis, namun sayang masih mengarah ke pelukan penjaga gawang.

Singapura pun memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Hafiz Nor yang sudah bebas hampir saja dapat menjebol gawang Indonesia. Akan tetapi, upayanya dapat digagalkan oleh Nadeo.

Pada akhir babak pertama, Singapura terpaksa harus bermain hanya dengan 10 pemain. Hal itu disebabkan Safuwan memperoleh kartu kuning yang kedua setelah beradu argumen dengan Rizky Ridho sebelum tendangan bebas.

Masalah jutru muncul. Indonesia malah kebobolan usai Singapura hanya bermain dengan 10 pemain. Berawal dari tendangan bebas yang dilepaskan Shahdan Sulaiman, bola berhasil diteruskan Song Ui-Young ke dalam gawang Indonesia. Skor menjadi 1-1.

Indonesia lebih menguasai permainan di babak kedua. Umpan tumit yang diberikan oleh Witan langsung ditendang oleh Ricky Kambuaya. Sayangnya, bola masih belum bisa menembus gawang lawan.

Witan hampir lagi memberikan assist kepada Ezra Walian yang berdiri bebas di depan gawang. Namun disayangkan, Ezra telat menyambut umpan dari Witan tersebut.

Singapura juga mempunyai kans untuk unggul. Amy Recha berhasil menyundul bola dari tendangan bebas. Tetapi bola masih bisa ditangkap oleh Nadeo.

Peluang emas sekali lagi didapatkan Indonesia di menit ke-60. Melalui kemelut di depan gawang, tendangan kaki kiri Rizky Ridho masih membentur mistar gawang.

Singapura hampir saja dapat unggul di menit ke-62. Serangan balik yang cepat membuat Shawal Anuar berdiri bebas. Sayangnya tendangannya masih melambung di atas gawang.

Singapura kembali diganjar kartu merah di menit ke-68. Irfan Fandi yang diganjar kartu merah usai melanggar Irfan Jaya yang tinggal berhadapan dengan penjaga gawang.

Pada menit ke-74Singapura malah berhasil membuat gol . Tendangan bebas Shahdan Sulaiman berhasil menerobos gawang Nadeo. Singapura menjadi unggul 2-1.

Shahdan Sulaiman hampir saja bisa menambah golnya. Kembali tendangan bebasnya mengarah ke gawang, namun sungguh beruntung bola masih bisa ditepis oleh Nadeo.

Indonesia yang berada dalam tekanan pada akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Adalah Pratama Arhan yang mencetak gol di menit ke-86. Tendangan Witan masih bisa ditepis penjaga gawang lalu bola liar berhasil diteruskan oleh Arhan ke dalam gawang.

Secara mengejutkan, Singapura mendapatkan tendangan penalti pada menit ke-90. Pratama Arhan melanggar Shawal Anuar di dalam kotak penalti. Faris Ramli yang menjadi algojo gagal menyelesaikan tugasnya dengan baik. Nadeo berhasil menepis bola dengan sempurna.

Laga harus berjalan ke perpanjangan waktu.Dua menit waktu berjalan, Indonesia sudah berhasil unggul. Gol bunuh diri dari Shawal Anuar menjadikan Indonesia unggul dengan skor 3-2.

Indonesia terus berupaya memberikan tekanan ke pertahanan Singapura. Evan Dimas hampir saja menambah keunggulan, namun upayanya masih bisa digagalkan penjaga gawang.

Di menit ke-107, Indonesia mampu menambah keunggulannya. Kesalahan dari Hassan Sunny dalam mengantisipasi sepak pojok berhasil dimanfaatkan oleh Egy Maulana Vikri. Indonesia berhasil memimpin 4-2.

Pada menit ke-118 Singapura sekali lagi diganjar kartu merah. Kali ini Hassan Sunny yang mendapat kartu merah selelah melanggar Irfan Jaya.

Tak ada lagi gol yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Timnas Indonesia lolos ke final untuk keenam kalinya setelah tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. 

Sungguh disayangkan, pada lima kesempatan sebelumnya, timnas Indonesia selalu gagal membawa pulang gelar juara. 

Lawan timnas Indonesia di final Piala AFF 2020 nanti adalah pemenang antara Thailand atau juara bertahan Vietnam. 

Thailand untuk sementara selangkah di depan sebab berhasil mengalahkan Vietnam 2-0 pada semifinal leg pertama . 

Leg kedua semifinal Piala AFF 2020 antara Vietnam vs Thailand dijadwalkan akan berlangsung di National Stadium Singapore pada Minggu (26/12/2021).

Semoga Timnas Indonesia akan berhasil menyabet gelar juara Piala AFF 2020. Mohon doa dan dukungan segenap masyarakat Indonesia, demi keberhasilan Timnas Indonesia !!! 

Share This !