Rohana Anak TKW Indonesia Dirawat Warga Malaysia Kini Menghadapi Masalah Kewarganegaraan - RadarIslam.com

Rohana Anak TKW Indonesia Dirawat Warga Malaysia Kini Menghadapi Masalah Kewarganegaraan



Kisah seorang gadis bernama Rohana Abdullah menjadi viral karena kisah hdupnya yang tragis. Ia ditinggalkan di Malaysia oleh ibunya seorang TKW asal Indonesia, sehingga sekarang ini ia menghadapi masalah kewarganegaraan.

Cerita perihal Rohana ini mendapatkan perhatian dari Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob.

Rohana Abdullah (22) ditinggalkan oleh ibunya, seorang TKW (Tenaga Kerja Wanita) asal Indonesia di sebuah TK (Taman Kanak-kanak) pada saat berumur dua bulan.

Menurut kabar sang ibu pulang ke Indonesia setelah meninggalkan Rohana.

Seorang warga keturunan China di Malaysia yang bernama Chee Hoi Lan,  yang menjadi salah satu guru di TK tempat ibu Rohana bekerja sebagai petugas kebersihan, menemukan bayi Rohana. 

Bayi Rohana dirawat dan dibesarkan oleh Chee warga Malaysia yang kini telah berusia 83 tahun. Chee memperlakukan Rohana seperti anaknya sendiri walaupun agama dan ras mereka berbeda.

Chee selalu memberikan dukungan kepada Rohana untuk mempelajari dan memperdalam agamanya.

Chee juga mengirim Rohana ke sekolah agama Islam. 

Chee senantiasa memastikan bahwa Rohana mempelajari dasar-dasar Islam tidak hanya melalui pembelajarannya di sekolah, namun juga melalui hubungan dengan orang-orang di sekitarnya.

Chee sangat menyayangi dan mencintai Rohana dan menganggapnya seperti anaknya sendiri. 

Chee selalu memastikan Rohana sejak kecil makan makanan yang halal dan melaksanakan ibadah agama sebagai seorang Muslim hingga saat ini.

Chee mengatakan bahwa sebelum ia mati, ia berharap Rohana dapat sukses, bahagia dan menikah.

Chee mengungkapkan bahwa ia merasa lega karena ia dapat merawat dan memastikan  Rohana sebagai seorang muslim dan akan tetap demikian selamanya. 

Meskipun Chee selama ini bertindak sebagai ibu bagi Rohana, ternyata ia belum menikah dan ia merasa bahagia tinggal dengan Rohana. 

Chee senantiasa memastikan bahwa Rohana bisa mengamalkan agama Islam dengan baik. 

Menurut Chee, ia tidak mempermasalahkan saat Rohana harus berdoa sekaligus ia memaklumi tentang makanan yang tidak boleh dimakan oleh Rohana.

Chee memposisikan dirinya sebagai seorang ibu, sehingga ia bertanggung jawab untuk mendidik dan mengasuh Rohana meskipun mereka berbeda budaya dan agama. 

Rohana begitu menyayangi ibu angkatnya yang dipanggil laoshi (bahasa Mandarin yang artinya guru)  walaupun pada suatu saat nanti ia akan menempuh jalan hidupnya sendiri. 

Ibu kandung Rohana adalah warga negara Indonesia yang menikah dengan warga Malaysia, tetapi ia menghilang sesudah Rohana lahir 

Sekarang ini Rohana sedang menghadapi masalah status kewarganegaraannya di Malaysia. 

Rohana menceritakan bahwa dirinya menghadapi masalah status kewarganegaraan karena ibunya merupakan warga negara Indonesia dan ayahnya sudah menghilang semenjak dia masih kecil.  

Rohana sudah mengajukan status kewarganegaraan pada tahun 2016 dan hingga sekarang belum mendapat tanggapan. 

Karena masalah tersebut, Rohana bahkan sempat putus sekolah sebab tidak mempunyai dokumen identitas. 

Perdana Menteri (PM) Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob akhirnya mengetahui kisah Rohana dari media.

Perdana Menteri berkomitmen akan membantu Rohana untuk mendapatkan status kewarganegaraannya. 

Datuk Ismail Sabri menyampaikan hal tersebut melalui video yang dibagikan di akun media sosial sekretaris persnya, Asyraf Afnan Ahmad Murtadza.

PM menghubungi Rohana untuk bertanya tentang kesulitan yang tengah dialaminya.

Datuk Ismail Sabri mengatakan bahwa staffnya akan menghubungi Departemen Pendaftaran Nasional guna mengurus dokumen Rohana.

Dalam sebuah tayangan video, Datuk Ismail Sabri memberitahukan bahwa petugasnya akan menghubungi Rohana bila ada perkembangan mengenai pengurusan kewarganegaraan Rohana. 

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Malaysia Datuk Seri Hamzah Zainudin, juga sudah melakukan penyelidikan terkait kasus Rohana.

Mendagri mengatakan bahwa untuk menyelesaikan masalah kewarganegaraan Rohana, dibutuhkan beberapa dokumen pendukung. 

Menurut Mendagri, terdapat banyak kasus seperti kasus Rohana di Sabah dan Serawak dan di seluruh negeri. 

Mendagri juga mengatakan, jika ada dokumen untuk yang bisa membuktikan bahwa ayah Rohana adalah warga negara Malaysia, maka akan memudahkan proses pemberian dokumen identitas kewarganegaraan bagi Rohana. 

Selaku Mendagri, Zainudin pun mengatakan juga ia bertanggung jawab dan akan mengurus masalah kewarganegaraan Rohana secepatnya.





Share This !