Ruben dan Jordi Onsu Buka Pabrik Makanan Beku Untuk Kurangi Pengagguran di Indonesia - RadarIslam.com

Ruben dan Jordi Onsu Buka Pabrik Makanan Beku Untuk Kurangi Pengagguran di Indonesia


Ruben Onsu bersama-sama dengan sang adik, Jordy Onsu sedang mengembangkan bisnis kuliner. Kakak beradik kompak itu baru saja membuka pabrik untuk makanan beku atau frozen food.

Pabrik milik Ruben Onsu tersebut rencananya nanti bakal memproduksi makanan siap saji seperti perkedel, rolade, dan sayap ayam. Mengenai kualitasnya, suami Sarwendah itu memastikan bahan bakunya higienis serta bersertifikat BPOM dan halal.

"Ini mungkin upaya kami supaya Indonesia dapat menurunkan angka pengangguran," ucap Ruben Onsu saat dijumpai di kawasan Cakung, Jakarta Timur pada Kamis, 3 Februari 2022.

Jadi tidak hanya sekedar mencari keuntungan, Ruben Onsu menginginkan bisnis kulinernya yang baru dibuka itu dapat mengatasi jumlah pengangguran di Indonesia.

Di samping membuka pabrik makanan beku tersebut, Ruben Onsu dan Jordi Onsu juga turut membudidayakan petani setempat. 

Bahan pangan seperti cabai akan ditanam dan dikelola perusahaan ayah Betrand Peto tersebut guna menunjang proses produksinya nanti.

Salah satu hal yang paling menyita waktu mereka berdua adalah dalam mencari bahan-bahan yang terjamin kebersihan sampai kualitasnya.

"Kami juga sudah mulai menanam cabai sendiri. Gunanya untuk ketahanan pangan, sebab kan bukan cuma kualitas tapi harga pun akan terpengaruh. Jika terjadi kenaikan bahan-bahan baku, maka kami tidak akan menaikan harga secara tiba-tiba." kata Jordi Onsu menjelaskan.
 
Adik Ruben Onsu ini juga melanjutkan akan bekerja sama dengan sejumlah rumah potong ayam ternak. Tujuannya agar dapat dengan stabil menyediakan suplai bahan ke pabriknya.

"Sudah lama kami memimpikannya. Persiapannya sudah dimulai dari enam bulan lalu.  Persiapan dimulai dari enam bulan lalu dan semoga menjadi tahun ini menjadi yang tahun baik," jelas presenter 28 tahun tersebut.

Ruben Onsu dan Jordi telah menghabiskan waktu yang cukup lama hingga pada akhirnya mereka berdua memutuskan untuk membuka pabrik tersebut.

Ruben juga menjelaskan bahwa produk Bensu Nutrindo tidak hanya bisa dikonsumsi oleh kalangan orang dewasa, namun juga untuk kalangan anak-anak.

"Semua produk kami sudah ada BPOM-nya, label halalnya pun ada. Bensu Nutrindo ini sudah ada BPOM ya," terang Ruben Onsu.

"Iya waktu nyobain makanan tuh pertama ke saya dulu, lalu kasih ke anak-anak. Saya harus supportif ya apa yang menjadi kesukaan anak harus saya support. Jadi sebab ini aman untuk dimakan anak-anak mereka juga boleh makan," lanjut Ruben.

Seperti yang terlihat dalam unggahan Instagram pribadinya, Ruben Onsu menamai pabriknya bersama dengan sang adik Jordi Onsu, dengan nama Bensu Nutrindo yang ia beli dari PT. Nutrindo Rana Sejahtera. 

"Semoga pabrik kami bisa membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang dan berkah untuk banyak orang yang bekerja di dalamnya," jelas Ruben dalam unggahannya pada Sabtu, 5 Februari 2022.

Ruben dan Jordi mengaku sudah melakukan riset dan hasilnya menunjukan bahwa pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,  makanan beku banyak diminati oleh masyarakat karena lebih praktis. 

"Menurut saya saat ini makanan frozen cukup diperlukan karena sangat praktis, sebab itulah usahanya masih makanan jadi masih terus kami kembangkan," jelas Ruben.

Nantinya jika sudah mulai berproduksi, target kakak beradik tersebut adalah pasar tradisional serta rumahan. Walaupun demikian, tak menutup kemungkinan akan meluaskan bisnisnya ke luar negeri.

Pengalaman sebelumnya jangkauan bisnis Ruben Onsu dan Jordi Onsu juga telah merambah ke luar negeri seperti Malaysia hingga Hong Kong.

Share This !